Petunjuk / Cara Memainkan Sasando

Petunjuk di bawah ini tidak mengikat pemain (tidak selalu diharuskan). Pedoman diatas hanya bagi peminat yang untuk pertama kali menghadapi sasando dan mau mempelajarinya. Pemain yang sudah dapat memainkan sasando dengan baik dapat mengatur jari-jari tengah kiri dan kanannya dengan menyimpang dari petunjuk diatas sesuai dengan selera dan kelincahan sendiri.

Dalam memetik sasando ada aturannya dengan stabiliser jari untuk mengatur perpindahan jari dari nada yang tinggi ke nada yang rendah. Pemain berperan memainkan 3 (tiga) irama yaitu, melodi, rithim dan bas. Posisi jari kiri memetik bas dan melodi, jari kanan memainkan accord (mengiring).

Pertama-tama pemain harus mengenal atau menghafal susunan dan tempat nada-nada pada sasando.

Tangan kiri : ———————————————————–>>>

1. Jari telunjuk tangan kiri bertumpu diatas nada B dalam hal ini nada 7

2. Tiga jari tangan kiri memetik atau memainkan melodi dan bas pada nada-nada D1, C1, G2, F, G, Fis, B, C, D dan seterusnya sampai nada tertinggi.

3. Jari telunjuk bertugas hanya satu nada ialah nada B atau 7.  Selesai jari telunjuk memetik nada B atau 7, jari telunjuk harus cepat bertumpu kembali keatas dawai itu lalu jari tengah dan ibu jari berpindah-pindah memainkan perannya sesuai dengan lagu yang dimainkan.

4. Jari tengah tangan kiri, memerankan nada-nada F, Fis, G, G2, C, bahkan bisa mencapai nada D1 yaitu 4, 4, 5, 5, 1,2 Nada F, Fis, G membunyikan melodi sedang nada C1 G2 dan D1 sebagai pelengkap bas.

5. Ibu jari tangan kiri bertugas pada nada-nada c, d, e, f, dan seterusnya sampai pada nada tertinggi semata-mata memainkan melodi.

6. Ketiga jari tangan kiri ini yang memetik melodi nyanyian dengan jelas, sedang nada C1, G2, dan D1 hanya merupakan pelengkap bas.

B. Tangan kanan :——————————————————–>>>

Tugas pokok tiga jari tangan kanan untuk memainkan nada-nada pengiring atau irama lagu dan sewaktu-waktu sebagai nada pelengkap melodi dan bas. Ibu jari tangan kanan memerankan nada-nada A,E, D, C.

Nada A selalu sebagai pelengkap melodi dan juga sebagai nada pengiring. Jari telunjuk tangan kanan memerankan nada-nada C, B1, A, sebagai nada pengiring. Jari tengah tangan kanan memerankan nada-nada A1,G1, G1, E, D1, sebagai nada pengiring dan bas.

Gerak tiga jari tangan kanan ini berpindah-pindah. Jarak pindah tidak terlalu besar. Tugas tiga jari ini boleh memetik tiga nada serentak atau berganti-ganti sesuai irama lagu yang dimainkan mengikuti melodi yang dimainkan oleh tiga jari tangan kiri.

Susunan nada-nada paga bagian diatas untuk dapat memainkan nyanyian dengan 2 nada dasar yaitu nada dasar c = do dan nada dasar g = do petunjuk diatas adalah c = do. Untuk memainkan nyanyian dengan nada dasar lain misalnya d = do atau a = do dan lain-lain maka dawai sasando harus di stem kembali. Kunci yang dapat dimainkan adalah C, D, G, F. Accord yang dipakai A, D7, Dm, D, Am, C. G, Em, Dm, C7, F7.

About these ads
Categories: Kursus Sasando | Tags: , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: