Perkembangan Sasando Elektrik_01

Antusiasme Sasando Elektrik
_________________________________________________
 Tahun 1972 Arnoldus Edon bersama keluarga kembali ke Kupang dan di Kota Kupang Sasando elektrik  mulai dikenal dan berkembang, dari berita ke berita tentang pembuatan sasando elektrik ini tersiar sehingga banyak teman terutama pemain sasando mulai berdatangan untuk meminta dibuatkan sasando elektrik.
Satu demi satu pembeli mulai berdatangan dari Indonesia bahkan sampai ke luar negeri (Belanda, Australia, Amerika, Canada dan Jepang). Sasando elektrik mulai  mendapatkan perhatian dari Pemerintah Daerah NTT, khususnya di masa kepemimpinan Gubernur NTT (dr. Ben Mboi) pada tahun 1978-1988. Setiap tamu atau pembesar yang datang ke Kupang – NTT, selalu membawa pulang oleh-oleh berupa cindera  mata  Sasando elektrik. Ada juga pembeli yang berasal dari kalangan musisi dan penyanyi ditanah air sendiri.
Selain memproduksi sasando elektrik, juga di buatnya sasando tradisional dan souvenir sasando. Untuk menjaga kelestarian dan keaslian sasando tradisional yang terbuat dari daun lontar, Arnoldus Edon tidak mengubah sasando tradisional menjadi sasando elektrik, biarlah sasando tradisional tetap dengan resonansi suaranya yang terbuat dari daun lontar  dengan bunyi yang khas dan alami. Apabila mau mendengar suara yang lebih keras ketika di petik, cukup dengan memakai mick yang disambungkan ke sound system. Atau mau mendengar suara aslinya tanpa memakai sound system harus dimainkan dan bentuk group.

Categories: Sejarah Sasando | Tags: , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: